Monday, February 2, 2015

Bulgogi

Bulgogi adalah masakan daging asal Korea. Daging yang digunakan antara lain daging sirloin atau bagian daging sapi yang bagus. Bumbu bulgogi adalah campuran kecap asin dan gula ditambah bumbu lain bergantung pada resep dan daerahnya di Korea. Sebelum dimakan, daun selada digunakan untuk membungkus bulgogi bersama kimchi, bawang putih, atau penyedap lain sesuai selera. (sumber: wikipedia)

Nama Bulgogi itu terdiri atas kata 'Bul' yang bermakna, api dan kata 'Gogi' yang bermakna, daging. Seperti arti harafiah ini masakan Bulgogi dibuat dengan cara daging sapi yang dibumbui dipanggang atau digoreng bersama dengan berbagai jenis sayur. (sumber: kbs world)


Jadi makanan korea yang coba kali ini ada Bulgogi,tetapi bukan pakai daging sapi seperti bulgogi pada umumnya, karena keluarga saya pada gak makan daging sapi jadi saya pakai daging ayam. Tujuan masak bulgogi ayam ini untuk pelengkap  bibimbap.

Bulgogi

Bahan
150 gram daging ayam, potong dadu
1/2 sdm kecap asin, light
1/2 sdm kecap asin, dark
1 sdm air
1 sdm gula pasir
1/4 sdm minyak wijen
1/2 sdm wijen sangrai
1 batang daun bawang kecil, rajang halus
1 siung bawang putih, cincang halus
1/2 sdt merica hitam
1/4 sdt kaldu jamur

Cara Membuat
  1. Campur semua bahan diatas dan rendam selama minimal 2-3 jam, simpan dikulkas dengan ditutupi piring/plastic wrap
  2. Beri sedikit minya di atas teflon, masak ayam hingga matang dan kering.
Simple sekali bukan memasak bulgogi ini, rasanya juga enak sedikit manis dan harum. selain itu bisa dipadukan dengan berbagai jenis makanan.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih bagi yang sudah mampir di blog saya. Silahkan tinggalkan komen. I will really appreciate it.