Monday, April 6, 2015

Steak Tempe


Penasaran dengan rasanya steak tempe, tempe kok bisa dijadikan steak. daripada penasaran terus, maka saya putuskan untuk buat menu ini untuk bekal makan siang saya dikantor. Malam sebelumnya saya siapin terlebih dahulu bahan - bahannya seperti mengukus tempe, buat adonan steak, lalu bulatkan dan simpan dikulkas jadi besok pagi tinggal di goreng sebentar saja. Juga dengan sayur-sayuranya saya potong dan cuci bersih, simpan dikulkas sehingga pagi harinya tinggal direbus. Jadi saya hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk masak lunchbox saya.

Rasa steak tempe ternyata enak ya, terasa banget tempenya.. juga cocok dipadukan dengan saus tomat, lain kali coba pakai saus jamur sepertinya akan lebih enak.

Steak Tempe


Serve: 3-4porsi
Steak
250 gram tempe
150 gram ayam cincang
1 bh bawang bombay, daun bawang
50 gr panir
1 butir telur
3 siung garlic
½ sdt merica,garam dan gula
¼ tsp bubuk pala
½ sdt kaldu bubuk
Saus
1 bh tomat,buang biji & kulit,cincang
4 siung bawang putih
1 bh bawang bombay
10 ml saus tiram
Merica dan garam
½ sdt kaldu + 200ml air
saus tomat secukupnya
Gula pasir

Cara Membuat
Steak
  1. Potong tempe kecil, kukus selama kurleb 20menit, angkat lalu hancurkan dengan menggunakan garpu
  2. Masukkan bahan-bahan lainnya, aduk sambil diuleni hingga rata, kemudian bentuk seperti patty burger boleh bulat/lonjong
  3. Beri sedikit minyak pada wajan atau teflon. masukkan steak tempe goreng hingga matang

Saus
Tumis bawang putih dan bombay sampai matang dan harum, masukkan tomat cincang, air dan bumbu lain masak sampai kental, jika kurang kental masukkan larutan maizena.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih bagi yang sudah mampir di blog saya. Silahkan tinggalkan komen. I will really appreciate it.