Sunday, January 11, 2015

Cream Puff - Kue Soes

Saya mencicipi kue sus biasa nya dari snack box kalau ada acara, biasanya kue sus isiannya cream nya cukup banyak ya, dan saya suka kue sus dengan isian creamnya yang tidak begitu banyak, Jadinya saya gak pernah beli kue sus yang dijual diluar.pernah coba yang sejenis b*ard papa, ternyata saya juga kurang suka dengan isian creamnya. lebih suka kulit nya saja.


Pertama kali saya buat, saya minta mama untuk coba, eh ternyata dia suka kue sus, loh.. kami sekeluarga gak ada yang tau (abis gak pernah liat dia beli/makan), ternyata alasannya sama dengan saya yaitu, yang dijual di luar isiannya banyak dan manis. Beliau pun cerita kalau dulu sewaktu masih muda dia sering makan kue sus di salah satu toko kue di Duri kota tempat dia tinggal dulu, Kesimpulannya kami semua termasuk adik-adik saya lebih suka makan kue sus dengan isian yang sedikit saja, makan kulit nya saja pun gak masalah.

adonan yang disemprotkan, siap dipanggang

Maka dari itu, saya coba buat kue sus sendiri dengan custard creamnya yang saya buat less sugar agar tidak terlalu manis, karena kami sekeluarga kurang suka makanan yang manis-manis. Saya buat custard cream rasa vanilla.

Cream Puff - Kue Sus

Bahan
puff:
125g tepung terigu
100g margarin
3 telur
200ml air

Custard Cream
2 kuning telur
2 sdm munjung tepung terigu  (16gr)
2 sdt mentega (8gr)
2 sdm + 2 sdt gula (32 gr)
140 ml susu
Vanilla essence

Cara Membuat:
For the puff

  1. Didihkan air dan margarin. setelah itu masukkan tepung terigu aduk rata. angkat dari kompor
  2. Setelah dingin, kocok dengan mixer selama kurang lebih 2 menit sambil masukkan telur satu per satu.
  3. Masukkan adonan kedalam pipping bag dengan spuit bintang, 
  4. Semprotkan adonan ke loyang, beri jarak sekitar 2cm.
  5. Panggang di oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu, selama 20 menit dengan suhu 200C

For the filling

  1. Campur kuning telur, setengah gula dan sedikit susu. aduk dengan whisker sampai rata.
  2. Masukkan tepung, aduk sampai rata
  3. Panaskan sisa gula dan susu di panci sampai keluar gelembung. Angkat dan campurkan ke adonan telur.
  4. Masak lagi hingga kental. Masukkan butter. Sisihkan custard cream


No comments:

Post a Comment

Terima Kasih bagi yang sudah mampir di blog saya. Silahkan tinggalkan komen. I will really appreciate it.