Saturday, January 17, 2015

Corndog

Ide membuat corndog ini datang dari my bf. dia ntah nonton acara apa liad street food Amerika kalau gak salah, pada jualan corndog dan keliatan enak. Malahan saya ngeliat corndog di variety show/drama korea, dan juga terkenal sebagai street food nya korea. haha..
Kebiasaan saya adalah seringkali mencoba resep baru makanan yang belum pernah saya cicipi sebelumnya, jadi pas hasil buatan saya jadi, saya juga tidak tahu apakah ini rasa yang sebenarnya. seringkali ketemu rasa yang tidak sesuai dengan yang saya bayangkan.seperti corndog ini,

Bentuknya gak mulus, menurut saya karena adonannya terlalu cair

Menurut perkiraan kami rasa corndog ini seharusnya asin-asin gurih itu. ternyata rasa nya manis. Saya pakai resep nya dari salah satu blog luar negeri dan saya lupa mengurangi takaran gula pasirnya. jadi nya corndog yang saya buat kemanisan.


Kecewa! padahal udah bela - belain pesan tepung polenta/cornmeal online dari Titan Baking, dan hasil nya tidak sesuai ekspetasi, masih bisa dimakan sih tapi cepat eneg karena manis. Di salah satu toko baking batam memang ada yang jual tepung polenta, tapi harga nya mahal.masih lebih murah saya pesan online yang sudah plus ongkirnya. dan akhir-akhir ini saya baru kalau di Supermarket mall deket rumah ada jual tepung polenta ini. So next time gak perlu pesen online lagi.


Setelah siap icip-icip corndog buatan saya yang kemanisan, saya langsung browsing info tentang corndog (kok kemarin cuman browsing resep ya) tentang bagaimana rasa corndog itu. Dan jawabannya bisa dibaca disini

Ternyata corndog memang dibaluti adonan yang rasanya manis. Postingan ini latepost, saya buat corndog ini pas 1 November, 2014, trus kemarin pas bulan desember 2014 ke USS, ada nyobain corndog disana, ya begitulah rasa corndog manis, tapi yang di USS rasa manisnya masih bisa ditoleren dan sosisnya enak besar dan berisi, gak seperti sosis/frankfuter ayam yang saya pakai.
Corndog yang dijual di USS


Corndog

Sumber: Chef-in-training 
Serve: 8 stik corndog
Bahan
1/3 cup cornmeal
2/3 cup tepung terigu (ganti 3 sdm tepung dengan tepung maizena)
1/4 sdt. garam
Merica secukupnya
2 sdm ¼ cup gula pasir (½ sdm saja)
2 sdt baking powder
1 egg
½ cup+ 1tbsp susu cair
8 buah sosis
8 stik sate
Minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara Membuat:

  1. Sediakan mangkok besar, campur cornmeal, tepung, garam, merica, gula dan baking powder.
  2. Buat lubang ditengah, tuangi susu dan telur lalu aduk rata.
  3. Panaskan minyak yang banyak cukup untuk deep frying.
  4. Dengan menggunakan gelas tinggi, tuang adonan kedalam gelas. Lalu celupkan sosis yang sudah ditusuk stik sate ke dalam adonan
  5. Goreng di dalam minya panas, hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

* Tulisan warna biru, bahan yang akan ganti jika buat corndog lagi, saya ganti 3sdm terigu dengan maizena agar adonan lebih kental. karena corndog nya kemanisan jadi saya akan kurangi gulanya hingga 1/2 sdm saja.

2 comments:

  1. nyam2..yang ini enak juga nih..he he he memang kalau kemanisan ga enak ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, klo kemanisan jadi eneg gitu. yuk dicoba mba, tapi pake sosis gede gitu lebih enak.

      Delete

Terima Kasih bagi yang sudah mampir di blog saya. Silahkan tinggalkan komen. I will really appreciate it.