Friday, January 9, 2015

Brownies Kukus Keju

Nyobain resep ini kemarin karena lagi nyari resep cake dengan tambahan keju di dalamnya, karena pada cheese lover. Jadi lebih suka cake yang gurih dibandingkan yang manis. so nemu resep ini dari blog catatan-nina, karena sebelum ini pernah coba brownies kukus ny.liem yang lembut dan cocok selera saya, jadi saya rasa brownies kukus keju ini juga pasti sama enaknya dan tentunya lebih gurih dan tidak begitu manis.


Okey deh, saya coba buat cake nya pas pulang kerja, proses pembuatannya cukup lancar. keliatan lumayan cantik brownies nya, pas dipotong, ternyata keju2 nya turun ke bawah semua mungkin karena saya motong nya kurang kecil dan tipis jadinya turun semua. Dari rasa cakenya menurut saya biasa saja seperti bolu kukus cuman ada rasa kejunya, cukup jauh dari ekspetasi saya. cake nya memank lembut tapi cenderung agak padat.



Berikut resep nya, brownies kukus ini cocok bagi yang suka bolu kukus, bisa jadi variasi rasa yang berbeda.

Brownies Kukus Keju

Sumber: catatan-nina  
Bahan A
2 butir telur utuh
2 butir kuning telur
80 gr gula pasir
1/2 sdt vanilla
1/2 sdm emulsifier


Bahan B
75 gr tepung terigu protein sedang
25 gr susu bubuk full cream
20 gr maizena
1/2 sdt baking powder
(campur dan ayak seluruh bahan ini)

Bahan C
25 gr butter, lelehkan
85 ml minyak sayur

Bahan D
50 gr keju cheddar potong dadu
(beri taburan terigu)

Cara Membuat :
  1. Panaskan kukusan hingga beruap banyak
  2. Siapkan loyang 22x10x7 cm (, oles tipis margarin, alasi kertas roti dan oles tipis kembali. Sisihkan.
  3. Kocok bahan A (kecuali garam) hingga mengembang dan kental berjejak. Tambahkan garam, kocok lagi sebentar.
  4. Masukkan bahan B ke bahan A, aduk rata.
  5. Tambahkan keju cheddar, aduk rata.
  6. Masukkan campuran butter dan minyak. Aduk balik hingga tercampur rata.
  7. Tuang ke dalam loyang, dan hentakkan loyang untuk mengeluarkan udara yang ada dalam adonan.
  8. Kukus Selama 30 menit dengan api sedang
  9. Dinginkan dan siap dihias sesuai selera

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih bagi yang sudah mampir di blog saya. Silahkan tinggalkan komen. I will really appreciate it.