Monday, January 12, 2015

Whats wrong with my potato bread?


Dari judul postingan ini seperti nya sudah tau ya, kalo saya buat potato bread tetapi tidak begitu berhasil. saat ketemu resep potato bread, roti yang diberi kentang  halus dalam adonannya, saya mikir pasti roti nya lembut, baca review2 juga pada bilang potato bread ini lembut.

Ok deh, suatu hari minggu yang lalu saya coba eksekusi ini potato bread. Ternyata adonanya lembek, ngulenin pakai tangan cukup sulit, jadi saya campur tepung sedikit2, olesi tepung ditangan saya, sudah keliatan mulus sedikit lagi kalis, kok balik lagi lembek. jadi nya beri dikit tepung lagi.. trus begitu berulang kali. akhirnya saya memutuskan langsung di proofing aja, dan rotinya pun mengembang bagus banget. besar dan mulus, elastis sekali. langsung deh saya bentuk-bentuk, bentul bulat lonjong untuk diolesi mayonaise dan diberi abon, ada juga yang diberi buttercream dan keju, ada yang diberi isian kacang merah.


Setelah dibentuk diproofing lagi sebentar, roti nya mengembang bagus banged. Setelah dipanggang, permukaan roti nya keliatan kering sekali, roti nya memank masih lembut tapi benar-benar terasa kering dan seret. what wrong with my potato bread? Look pretty but too dry.. Menurut analisa saya sendiri sih, karena saya olesi tepung berkali-kali saat uleni itu, tapi gimana yah adonanya lembek gak bisa diuleni.. bingungg...
Roti oles buttercream tabur keju

Roti Abon Ayam


Resep nya tetap saya share disini ya.

Potato Bread

Sumber: catatan-nina

Bahan A :
200 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein rendah
7 gr ragi instan
65 gr gula halus
10 gr susu bubuk full cream

Bahan B :
2 kuning telur
125 ml susu cair dingin
Bahan C :
100 gr kentang kukus, haluskan
35 gr margarin / butter
1/4 sdt garam
1 sdt vanilla susu

Bahan Olesan :
1 kuning telur + 1 sdm susu cair

Cara Membuat :
  1. Campur jadi 1 bahan A, aduk rata.
  2. Masukkan bahan B, diawali dengan kuning telur dan susu cair sedikit demi sedikit. Hentikan penambahan susu apabila adonan sudah basah atau tambahkan apabila adonan masih kering.
  3. Uleni hingga kalis dan tidak menempel di bowl.
  4. Masukkan bahan C, uleni kembali. Adonan akan menjadi lengket karena penambahan kentang. Uleni hingga kalis dan mulus.
  5. Pindahkan adonan ke meja yang sudah ditaburi terigu, uleni kembali sebentar dengan gerakan seperti mencuci baju. Jika terasa lengket bisa ditambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit. Uleni hingga kalis elastis.
  6. Bulatkan adonan, letakkan di bowl yang sudah dioles minyak dant tutup dengan serbet bersih yang lembab. Istirahatkan hingga mengembang 2x lipat, kurang lebih selama 45-60 menit (proofing 1).
  7. Setelah mengembang, kempiskan adonan, uleni kembali sebentar hingga adonan lentur kembali.
  8. Bentuk bulat. Simpan di loyang yang sudah dioles margarin. Istirahatkan kembali selama 10-15 menit (proofing 2).
  9. Beri isian secukupnya, tata kembali dalam loyang dan istirahatkan kembali selama 30-45 menit (proofing 3).
  10. Panaskan oven 200'C, sesaat sebelum dioven olesi adonan dengan bahan olesan. Panggang selama kurang lebih 15-20 menit hingga permukaannya kecoklatan.
  11. Angkat dan keluarkan dari oven.
Roti Abon
3sdm mayones + 1 sdm susu kental manis, aduk rata
abon ayam, sebagai taburan

Roti Buttercream Keju
Buttercrean:
50gr mentega putih
10 gr whippy cream + 20 ml air
SKM secukupnya
Kocok mentega putih hingga mengembang, masukkan Susu kental manis dan whippy cream, kocok lagi hingga lembut.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih bagi yang sudah mampir di blog saya. Silahkan tinggalkan komen. I will really appreciate it.