Wednesday, March 11, 2015

Cinnamon Roll & Roti Abon



Dirumah masih ada sisa abon yang kemarin diberikan teman papa saya dari singapore, jadinya hari minggu saya berencana untuk buat roti abon saja sekalian bisa untuk sarapan besok pagi. Kemarin pas browsing nemu resep cinnamon roll jadi pengen coba buat sendiri juga. jadinya 2/3 adonanya saya buat untuk roti abon dan 1/3 nya lagi untuk cinnamon roll



Saya buat roti kali ini dengan metode water roux kembali setelah kemarin kurang berhasil saat buat potato bread dimana roti jadinya kering. Saya agak bingung walaupun menggunakan metode water roux kelembutan rotinya tetap tidak bertahan lama, hanya lembut disaat hangat saja, sampai keesokan harinya (saya buat nya sore hari) sudah tidak begitu lembut lagi dan mulai kering. Berbeda sekali dengan review-review yang saya baca diblog-blog dimana roti dengan water roux method bisa bertahan selama 2-3 hari kelembutannya. Ntah salah dimana ya.. Sepertinya saya tidak akan buat roti lagi sampai punya breadmaker/mixer yang bisa untuk nguleni rot.. hahahahahha

Roti ( Metode Water Roux)

Serve: 12 roti 
sumber: hesti-myworkofart
Bahan
200 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein rendah
50 gr gula pasir
1 sdm susu bubuk full cream
1 butir telur
5 gr ragi instan
100 gr water roux
85 – 100 ml air hangat
40 gr margarin
½ sdt garam
Water roux
25 gr tepung terigu protein tinggi
125 ml air
Cara Membuat
  1. Water roux: dalam panci, campur air dan tepung terigu. Aduk rata sampai halus dan tidak bergerindil. Masak dengan api sedang sampai kental. Apabila diaduk menggunakan sendok kayu kelihatan jejak sendoknya di dasar. Jangan sampai mendidih. Sisihkan dingin
  2. Tuang semua bahan kering kecuali margarin dan garam. Masukkan campuran water roux, air dan telur ke dalamnya. Uleni hingga kalis.
  3. Tambahkan mentega dan garam, uleni sampai elastis. Diamkan sekitar 1 jam hingga mengembang 2x lipat
Cinnamon Roll
Filling
3 sdm brown sugar
1/2 sdt kayu manis
(aduk rata) 
kacang mete cincang kasar

1 sdm mentega, lelehkan
Penyelesaian
Ambil 1/3 adonan roti diatas, roll dengan rolling pin menjadi persegi panjang dengan ukuran 10cm x 25cm ( sekitar 5pcs roti). Olesi dengan mentega leleh, taburi dengan campuran brown sugar dan kayu manis. taburi dengan kacang mete cincang. Gulung. lalu potong dengan ukuran 2cm setiap potong. Tata di loyang agak berdempetan agar rollnya tidak terbuka. Oven dengan suhu 180C selama 15-20 menit

Roti Abon
Filling
3 sdm mayonaise
1 sdm susu kental manis
(aduk rata)
abon secukupnya
Penyelesaian
Dari sisa adonan roti tadi, bulatkan masing2 adonan seberat 60 gram, bulatkan lalu lonjongkan sedikit. Tata dalam loyang, sapu dengan kocokan kuning telur + air. Oven selama 15-20menit dengan suhu 180C. Setelah matang olesi dengan mayonaise, taburi dengan abon. Sipa dinikmati.

Dari dau jenis roti ini saya lebih suka yang cinnamon roll, wangi cinnamon dipadu dengan manis dan crumchy mete, woww. lezaattt

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih bagi yang sudah mampir di blog saya. Silahkan tinggalkan komen. I will really appreciate it.