Tuesday, March 17, 2015

Pie Brownies

Lagi ingin mencoba variasi pie/tart, kan biasanya cuman buat egg tart / mini fruit pie. kemarin pernah coba buat napoleon cheese pie, gatot.. adonan kuning telurnya terlalu kental tidak mau menyatu sama sekali. kenapa bisa begitu ya, sampai sekarang belum mencoba untuk kedua kalinya.

Jadinya coba buat pie brownies dulu pas malam tahun baru kemarin. saya coba pakai adnonan crust yang tanpa telur dari blog catatan-nina, mudah dibentuk/dicetak sih tetapi hasilnya crust nya lebih keras tapi garing tidak melt in mouth teksturnya jadinya saya lebih memilih adonan crust yang pakai telur. Resep browniesnya saya adaptasi dari sajiansedap.

Hasil pie brownies ini enaakk, ternyata saya suka brownies dimakan bersama kulit pie. oh ya, ada sedikit kekurangan pada pie brownies yang saya buat yaitu selesai dipanggang browniesnya agak menjauh dari pie nya. hmm, saya  belum tau penyebabnya masih mengira-gira apa dikarenakan saya panggang kulit pie nya terlebih dahulu baru tuangi adonan brownies dan panggang lagi ya.. Lets see on the next experiment. saya coba panggang kulit pie langsung bersamaan dengan browniesnya

Ada beberapa yang beri buttercream lalu ditaburi keju parut dan mete cincang ini  untuk menutupi brownies yang agak menjauh dari kulit pie. Di luar dugaan dengan taburan ini pie browniesnya jadi lebih lezat.

Pie Brownies

Serve: 18-20 pie kecil
Bahan
Kulit pie
250 gr tepung terigu
150 gr mentega
1 sdm gula halus
5-6 sdm air es
Brownies
100 gr margarin
100 gr dark cooking chocolate, potong-potong
2 butir telur
85 gr gula pasir
50 gr tepung terigu protein sedang
10 gr cokelat bubuk
10 gr susu bubuk
1/2 sdt baking powder

Cara Membuat
Kulit pie
  1. campur tepung, mentega, dan gula menggunakan pisau pastry hingga berindilan.
  2. Tuangi air es sedikit demi sedikit, campur hingga kalis.
  3. Bungkus plastik, diamkan dalam lemari es selama beberapa saat.
  4. Lalu giling hingga kurang lebih 1/2 cm lalu letakkan didasar loyang.
  5. Oven dengan suhu 170 deg C selama 15 menit atau hingga setengah matang.
Brownies
  1. Panaskan margarin. Matikan api. Tambahkan potongan dark cooking chocolate. Aduk sampai larut dan dinginkan.
  2. Kocok telur, gula pasir, dan garam asal kental 2 menit.
  3. Masukkan campuran margarin sedikit-sedikit sambil dikocok rata.
  4. Tambahkan tepung terigu, cokelat bubuk, susu bubuk, dan baking powder sambil diayak dan dikocok perlahan.
  5. Tuang di cetakan yang sudah dialas pie. Oven 30 menit dengan suhu 180 derajat Celsius sampai matang

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih bagi yang sudah mampir di blog saya. Silahkan tinggalkan komen. I will really appreciate it.