Saturday, May 2, 2015

Jajjangmyeon

Edisi kuliner korea masih berlanjut nih, setelah kemarin beli black bean paste di singapura akhirnya dicoba juga buat jajjangmyeonnya. Sebelumnya saya sudah pernah mencoba jajangmyeon yang dijual di salah satu resto korea di Batam, dan saya cocok dengan rasanya tapi porsi di resto cukup besar dan harganya juga mahal.
 
Maka pada hari minggu kemarin saya coba masak sendiri, caranya simple - tidak terlalu sulit, cuman saya agak kaget karena gula yang diperlukan cukup banyak  untuk menetralisirkan rasa asin dari black bean paste tersebut. Jadi pas memasak sambil di test saja rasanya. kalau masih terlalu asin tambahkan lagi gula sedikit demi sedikit sampai mendapatkan rasa yang pas.

Saya menyajikan nya dengan mie spaghetti Indonesia (di kemasannya sih tulis cocok untuk mie aceh dll) karena tidak menemukan mie korea khusus untuk jajjangmyeon dan kalaupun ketemu saya yakin harganya juga mahal.

Jajjangmyeon yang saya buat ini saya sesuaikan dengan selera saya, jadi paste yang digunakan tidak sebanyak pada umumnya, saya kurangi agar rasanya lebih ringan. I Like it!

Jajjangmyeon

Sumber: maangchi
Serve: 2 porsi
Bahan
2 porsi Spaghetti, rebus sesuai petunjuk kemasan
50 gr daging ayam
½ lembar sawi putih, potong kecil"
¼ zucchini, potong dadu *optional
½ kentang, potong dadu
½ bawang bombay, iris halus
2 sdm black beans paste
2 sdt gula atau lebih
1.5 cup air
1 sdt minyak wijen
Sedikit timun buang biji, iris halus untuk hiasan
1 sdm tepung maizena, larutkan dalam air
Cara Membuat
  1. Tumis daging ayam dengan sedikit minyak sampai berubah warna di teflon.
  2. Masukkan bawang bombay, kentang, zuchini tumis sampai harum.
  3. Buat lubang ditengah, masukkan black beans paste dan gula tumis sekitar 1menit kemudian aduk bersama bahan lain di wajan.
  4. Tuang air, aduk rata, kemudian tutup dengan penutup teflon/wajan. Biarkan mendidih sekitar 10menit
  5. Buka penutup, aduk sebentar. test kematangan kentang. jika sudah matang kentalkan dengan tepung maizena. sebelumnya ingat test rasa terlebih dahulu jika masih terlalu asin beri sedikit gula lagi.
  6. Masukkan minyak wijen. aduk rata. siap disiram ke mie yang telah kita rebus kemudian taburi dengan timun yang diiris tipis dan memanjang


No comments:

Post a Comment

Terima Kasih bagi yang sudah mampir di blog saya. Silahkan tinggalkan komen. I will really appreciate it.