Monday, February 2, 2015

Bibimbap

Saya selalu penasaran dengan makanan korea, tepatnya selalu ngiler jika nonton variety show/drama korea yang menampilkan makanan-makanan korea sana. Keliatannya enak-enak semua karena disajikan hangat dan pedas-pedas, cocok sekali dengan selera saya.
   

Ayam goreng crispy, jajangmyun, tteokpokki, bibimbap, aneka pancake dan aneka stew/soup ala korea. Saya ingin sekali mencicipinya semua. tapi untuk mendapatkan bahan-bahan masakan korea di Batam tidak mudah. Tetapi pelan-pelan saya akan mencoba masak masakan korea satu per satu di rumah. Mulai dari Bibimbap dlu ya.


Bibimbap, nasi campur ala korea yang biasa dimakan di mangkuk besar. Pada umumnya bibimbap terdiri dari nasi, sayur-sayuran dan daging yang diberi saus khusus, dimakan dengan cara diaduk rata dan inilah sebabnya bibimbap disajikan dalam mangkuk besar yaitu agar mudah diaduk. Bibimbap bisa juga disajikan di mangkuk batu yang hangat dan biasa disebut dolsot bibimbap.

Bibimbap yang saya buat kali ini, menggunakan bayam,tauge, jamur shitake, dan bulgogi. Juga menggunakan gochujang sederhana bukan yang dibeli di supermarket korea. berikut resepnya.


Bibimbap

Serve: 2 porsi
Bahan
2 butir telur
2 genggam tauge
3 genggam bayam
3 jamur shitake
½ wortel
1/3 zucchini / timun
2 porsi nasi
Bulgogi chicken
Kimchi - optional

Cara Membuat
Timun, potong bentuk korek api, taburi dengan sedikit garam, remas-remas. Beri 1/2 sdt cuka + 1/4sdt gula kemudian aduk rata.
Jamur shitake, potong bentuk korek api, tumis dengan 1/2sdt kecap asin dan sedikit gula
Wortel, Potong bentuk korek api, tumis dengan sedikit gula dan garam
Taoge, Rebus sampai layu, angkat rendam di air dingin sebentar saja. Tambahkan bawang putih, minyak wijen dan sedikit garam. Aduh rata
Bayam, Rebus air dalam panci sampai mendidih lalu masukkan bayam, setelah 1 menit lalu angkat dan celupkan ke dalam air dingin. kemudian peras air secara perlahan. Beri bumbu 1 sdt kecap asin sedikit garam dan bawang putih. Masukkan juga minyak wijen secukupnya. Potong2 agar ukuran daun tidak terlalu besar.
Goreng telur di teflon, usahakan agar kuning telur tidak pecah dan masih utuh. goreng sesuai selera boleh setengah matang atau matang.

Saus Bibimbap
2 sdm gochujang sederhana 
½ sdm minyak wijen
1 sdm gula pasir
1 sdm air panas
1/2 sdm wijen sangrai
1/2 sdt cuka putih
1/2 sdt bawang putih
Cara Membuat - Aduk rata semua bahan diatas.

Penyelesaian:
Taruh nasi di dalam mangkok besar, lalu taruh telur di atas nasi bagian tengah. Kemudian tata bayam, tauge, timun, jamur shitake, bulgogi ayam, dan kimchi di samping telur. Beri 1sdm saus bibimbap. Bibimbap siap dinikmati. sebelum makan diaduk-aduk dulu ya.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih bagi yang sudah mampir di blog saya. Silahkan tinggalkan komen. I will really appreciate it.