Friday, March 13, 2015

Sambal Tauco Tahu Medan

Sambal tauco merupakan salah satu menu yang wajib ada di Nasi lemak Medan, menurut saya yah. Biasanya kalau beli nasi lemak medan di pagi hari ini untuk bekal makan siang dikantor saya pasti minta sambal tauco tahu dan telur dadar irisnya lebih banyak. Kemarin pun saya mikir ingin coba membuat sendiri sambal tauco ini, jadi sambil nanya2 sambal tauco versi non pedas yang mama saya sering masak dan browsing resep sambal tauco medan di internet. Saya pun memutuskan untuk masak buat lunchbox saya besok. Tentunya saya tidak memakai tauco medan cuman pakai tauco yang dijual di supermarket.

Dari segi rasa, sambal tauco buatan saya enak, pedes dan gurih hanya saja terlalu manis karena kebanyakan gula merahnya, untuk resep di bawah sudah saya kurangi takaran gula merahnya.

Sambal Tauco Tahu Medan

serve: 2-3 porsi 
Bahan
5-6 ekor udang kecil
2 buah tahu, potong dadu kecil
5 kacang panjang, potong  3cm
½ batang serai, pipihkan
1 daun jeruk
5 cabe merah
5 cabe hijau besar
1 sdt cabe rawit
1 sdm tauco, haluskan
½ tomat, cincang
¼ sdt gula jawa
5 bawang merah, haluskan
2 bawang putih, haluskan
1cm jahe, haluskan
1cm lengkuas, haluskan

Cara Membuat

  1. Goreng tahu dan kacang panjang hingga matang, bilas dengan air agar tidak berminyak
  2. Tumis bumbu halus hingga harum
  3. Masukkan tomat dan cabe, aduk rata
  4. Masukkan air dan bumbu, test rasa. Aduk hinggan matang 

4 comments:

  1. hmm..enak ini pastii..
    saya suka pake tauco juga mba, gurih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mama aisyah, thanks ud jalan2 ke blog ku.. selama ini msh silent reader di blog nya mama aisyah.. hehehe
      iya nih, enak sambal tauco apalagi dibuat pedes2..

      Delete
  2. Nasi lemak medan dimn jual mba?di nagoya ya? Belum pernah beli yg ada sambal tauconya...hmmm enak nih kayaknya..
    eh btw..kapan nih buat mie rebusnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di depan Lucky Plaza mba monic, sana ada kedai kopi atas - bawah gitu. Nasi lemak Medan nya enak banged (tapi beli yg diatas ya, menurutku lauknya lebih banyak). favorit deh.
      Buruan dicobaa.. hehehehe
      oh iya, minggu kemarin mama ku baru buat.. lupa di foto share di blog.. x_x

      Delete

Terima Kasih bagi yang sudah mampir di blog saya. Silahkan tinggalkan komen. I will really appreciate it.