Friday, March 20, 2015

Pound cake


Sejak mempunyai hobi baking saya belum pernah sekali pun membuat pound cake atau butter cake, karena cake jenis ini dan pandan chiffon cake sudah sering kali dibuat oleh mama saya dirumah sejak dulu. Dan saya kurang suka dengan cake jenis ini karena cenderung lebih berat dan berminyak (namanya juga butter cake ya)

Trus kemarin2 mama saya bilang buat pound/butter cake sana daripada buat yang aneh2, dia lagi pengem juga. Jadilah saya buat pound cake dengan resep dari beliau. Ikutin step by step nya. Buat nya setengah resep saja menggunakan loyan 22x10cm.

Resep pound cake mama saya cara buatnya putih telur dikocok terpisah. Lalu kocok mentega dan gula baru masukin kuning telur dan ini fungsinya agar cake lebih ringan dan tidak seret di tenggorokan pas makan.
Hasil saya buat kemarin cakenya memank lembut,tidak seret tetapi kok agak berminyak mungkin karena kurang tepung tapi enak loh.. ini saya share resep nya

Pound Cake

Bahan
5 kuning telur
2 putih telur
100 gr gula halus
150 gr margarin
80 gr tepung terigu

Cara Membuat
  1. Panaskan oven dengan suhu 170C, olesi loyang dengan mentega. sisihkan
  2. Kocok dengan mixer mentega dan gula sampai mengembang dan pucat
  3. Masukkan kuning telur satu per satu, kocok hingga rata
  4. Masukkan tepung terigu, aduk hingga rata
  5. Kocok putih telur hingga mengembang saat baskom dibalikkan putih telur tidak tumpah
  6. Kemudian masukkan adonan putih telur ke adonan kuning telur. aduk rata
  7. Tuangkan ke loyang 22cm x 10cm, panggan di oven selama 50menit.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih bagi yang sudah mampir di blog saya. Silahkan tinggalkan komen. I will really appreciate it.