Friday, March 6, 2015

Rainbow chiffon cake


Ini dikarenakan lihat foto rainbow chiffon cake di instagram. Cakep dan menggoda sekali cake nya. Dan kebetulan sekali orangnya ada tulis resepnya di caption foto. Langsung saya screen shot dan pas pulang kerja coba buat sambil nanya2 resep pandan chiffon cake mama saya, setelah banding2 akhirnya saya ganti susu dengan santan biar harum.

Hasilnya enak dan lembut banget menurut saya dan keluarga. Adik saya bawa ke sekolah juga pada blg enaakk.. hahaha.. sayangnya layer warna pink gak gitu kelihatan ya.. harus lebih akurat lagi bagi bagi adonannya.

Rainbow Chiffon Cake

serve: loyang chiffon uk 20cm
Bahan
6 kuning telur
50 gr gula pasir halus
130 gr tepung terigu
1 sdt Baking Powder + 1/4tsp garam
4tbsp minyak sayur
60 ml santan sedang + 1sdm air

6 putih telur
1/4tsp cream of tar-tar
90 gr gula

Pasta pandan, Pasta coklat, pewarna pink

Cara Membuat
  1. Panaskan oven 170 derajat Celsius.
  2. Adonan pasta: Campur gula pasir, tepung terigu, dan BP. Lubangi tengahnya. Tuang telur di tengah, aduk searah dari arah dalam menggunakan whisk, sambil dituangi minyak sayur dan santan. Aduk hingga menjadi adonan pasta halus.
  3. Adonan putih telur: Kocok putih telur dan cream of tartar2 hingga setengah mengembang, masukkan gula kocok hingga hard peak atau saat baskom dibalikkan adonan putih telur tidak tumpah.
  4. Campurkan 1/3 adonan putih telur ke dalam adonan pasta, aduk perlahan dengan whisk hingga rata. kemudian masukkan sisa adonan putih telur ke adonan tadi aduk dengan teknik folding hingga rata, jangan terlalu lama mengaduk.
  5. Bagi adonan menjadi 4 bagian. Campur 1 bagian adonan dengan pasta pandan, 1 bagian lain dengan pasta strawberry, dan 1 bagian lain dengan pasta coklat. Satu bagian lain biarkan putih bagian putih
  6. Tuang adonan tersebut ke dalam loyang chiffon secara berurutan contohnya, pink-coklat-pandan-putih.
  7. Panggang selama 35-40 menit hingga kue matang dan kokoh.
  8. Keluarkan kue. Panas-panas, balikkan loyang, bisa disangga botol atau disangga kaki-kaki loyang.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih bagi yang sudah mampir di blog saya. Silahkan tinggalkan komen. I will really appreciate it.