Friday, March 6, 2015

Strawberry Jam Swiss Roll

Mama request dibuatkan bolu gulung untuk diberikan ke temannya, saya yang hobi baking jelas senang banget ya, bisa baking tanpa harus mikir bagaimana menghabiskan makanan hasil baking2 ini. karena dirumah tidak ada yang gemar dengan cake, biskuit ya segala makanan ringan yang manis-manis. 

Jadi kalau buat cake diusahakan dalam jumlah sedikit saja. Begitu juga dengan saya sendiri, jujur saya hanya hobi baking cake dkk. tapi saya gak gitu doyan menghabiskan nya paling makan satu dua potong saja karena saya juga kurang suka dessert yang manis-manis, creamy apalagi nyoklaaaat. Bukan totally tidak suka juga sih, hanya tidak suka mengkonsumsi dalam jumlah banyak. hahaha
kurang padat nge-roll nya
Saya memang sudah punya beberapa resep bolu gulung, tapi masih ingin mencari lagi bolu gulung yang lembut, tidak seret dan tidak memakai emulsifer.jadinya  browsing-browsing dan ketemu resep strawberry jam swiss roll ini dari blog tested & tasted, saya pernah pakai resep dari blog ini untuk buat chocolate swiss roll dan hasilnya memuaskan, Too bad,, untuk kali karena swiss roll untuk teman mama saya jadi saya tidak bisa nyicip.
Strawberry Jam Swiss Roll

Bahan
4 kuning telur
50 gr gula
40 gr susu cair
40 gr margarin, lelehkan
100 gr tepung terigu

4 putih telur
25 grgula

Pewarna pink/pasta strawberry
Filling

Buttercream/whipped cream
Strawberry Jam

Cara Membuat
  1. Siapkan loyang persegi ukuran 22x22x7cm, olesi mentega alasi kertas baking kemudian olesi kembali.
  2. Kocok gula dan kuning telur sampai pucat. masukkan susu cari dan mentega, aduk rata
  3. Masukkan tepung terigu, aduk dengan spatula hingga rata
  4. Di mangkuk yang lain, kocok putih telur sampai berbusa, masukkan gula. kocok sampai soft peak
  5. Masukkan 1/3 bagian adonan putih telur ke adonan kuning telur, aduk rata. kemudian masukkan sisa putih telur aduk rata
  6. Bagi adonan menjadi dua bagian, satu porsi beri pewarna pink. kemudia masukkan masing-masing adonan ke pipping bag
  7. Semprotkan secara diagonal dan bergantian antara kedua adonan ke loyang.
  8. Panggang selama 15 - 20menit di suhu 180C
  9. Keluarkan dari oven, gulung cake selagi panas. Biarkan dingin. Beri isian selai dan buttercream gulung kembali

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih bagi yang sudah mampir di blog saya. Silahkan tinggalkan komen. I will really appreciate it.