Friday, March 20, 2015

Oven Baked Jelly Donut (Pączki)


Pączki merupakan donut yang berasal dari Polandia atau disebut Jelly Donut di Amerika, merupakan donut yang diisi dengan selai / vla dengan cara disempotkan/ disuntikkan ke dalam. Umumnya Jelly Donut ini digoreng tetapi kemarin melihat di blog ada yang membuat jelly donut ini dengan cara di panggang. Tentu donut yang dipanggang lebih sehat dan tidak berminyak dibanding dengan yang digoreng.

Adonan donut ini cenderung lebih lembut, jadi pas menguleninya dibutuhkan bantuan pisau pastry. dan diusahakan tidak menambah tepung terigu berlebihan. Menurut saya, Pączki atau jelly donut yang dipanggang ini rasa lebih kering dan pori-pori nya tidak terlalu besar, sehingga custard cream / jam yang disemprotkan kedalam tidak banyak.Saya sendiri lebih memilih donut yang digoreng walaupun yang dipanggang lebih sehat.

Oven Baked Jelly Donut (Paczki)

Sumber: Jennycancook
Serve : 8-10 donut
Bahan:
1 ¾ cups tepung terigu
2 tbsp gula bubuk
½ tsp garam
1 1/2 sdt ragi instan
2/3 cup susu hangat 
3 tbsp mentega, lelehkan
2 kuning telur
1/2 sdt vanilla
For coating:
1 ½ sdm mentega cair
1/3 cup gula
Selai / custard cream

Cara Membuat:
  1. Masukkan gula pasir, mentega dan susu cair hangat. Aduk hingga mentega larut dan tercampur baik. Tambahkan vanili bubuk dan garam, aduk rata.
  2.  Masukkan telur ayam dan ragi instant, aduk hingga ragi larut.
  3.  Bagi tepung terigu menjadi 3 bagian. Sisihkan 1 bagian tepung, nantinya akan digunakan saat menguleni adonan. Masukkan tepung yang lainnya aduk hingga rata. adonan yang terbentuk cukup lembek dan lengket.
  4. Taburi meja kerja dengan tepung terigu yang tadi kita sisihkan. Tuangkan adonan dari mangkuk ke atas taburan tepung di meja. Uleni adonan sekitar 50x sampai terbentuk adonan yang cukup mulus
  5. Taburi lagi meja kerja dengan tepung terigu. Gilas adonan dengan ketebalan 1.5cm. Gunakan cookie cutter lingkaran uk. 6-8cm. 
  6. Tutupi adonan dengan kain/handuk. Biarkan mengembang 2 kali lipat (sekitar 1-1.5jam)
  7. Panaskan oven terlebih dahulu, panggang dengan suhu 180C selama 15-18 menit sampai sedikit kecoklatan.
  8. Keluarkan dari oven, selagi hangat. sapukan mentega leleh, lalu lapisi dengan gula bubuk. Letakkan di cooling rack. biarkan dingin
  9. Setelah dingin, semprotkan  selai / custard cream kedalam donat. Siap dinikmati

1 comment:

  1. terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan sehat memang sangat penting, akan tetapi peralatan memasak yang sehat juga sama pentingnya.

    ReplyDelete

Terima Kasih bagi yang sudah mampir di blog saya. Silahkan tinggalkan komen. I will really appreciate it.