Thursday, August 25, 2016

Donat Paha Ayam


 kali ini saya ingin berbagi salah satu makanan favorit saya pas kecil dulu di pekanbaru yaitu donat paha ayam, biasa nya dibelikan oleh mama saya di pasar untuk dijadikan cemilan sepulang sekolah ataupun sebagai bekal sekolah.

Setelah sekarang menetap di batam, saya selalu kepikiran kulineran di pekanbaru yang tidak ada di batam ataupun ada tapi rasa nya berbeda. salah satu snack yang saya suka yaitu donat paha ayam ini sampai sekarang saya belum menemukan yang rasanya enak.

Jadilah suatu sore terinspirasi bagaimana kalau coba bikin sendiri aja dan browsing2 resep donat sebenarnya saya ingin memakai resep yang biasa tetapi setelah dicek dirumah tepung protein tinggi saya habis jadilah saya pakai resep donat dari website wendyinkk yang menggunakan tepung terigu serbaguna.

Menurut saya, kalau pakai tepung terigu serbaguna mengembang nya lama dan kurang maksimal. Tapi rasa donat nya tetap lembut dan enak sama seperti yang saya makan dulu. Hanya saja, bagi saya dengan taburan ceres yang banyak pada donat paha ayam ini rasanya jadi kemanisan tapi kalau dikurangi ceresnya jadi gak mirip seperti rasa yang dimakan pas kecil dulu. (semakin bertambah usia jadi semakin kurang suka yang manis - manis, LOL)

Donat paha ayam

ingredients
250 gr tepung terigu
2 sdm gula halus
1/4 sdt garam
1/2 sdt baking powder
90 ml susu cair
30 gr mentega
1 kuning telur

Biang ragi
60 ml air
Sejumput gula
1 sdt ragi
(aduk rata di dalam mangkuk kecil, diamkan sampai berbusa)

Cara membuat:
- campur semua bahan kering di baskom, aduk rata kemudian masukkan semua bahan basah dan biang ragi.
- Uleni sampai kalis dan diamkan agar mengembang 2x lipat kurleb 1-1.5jam
- Kempiskan adonan, kemudian timbang 40gr per pcs dan bentuk memanjang seperti paha ayam
- Tata adonan donat di atas loyang yang sudah ditaburi tepung, biarkan mengembang lagi
- Goreng dengan api sedang sampai kedua sisi kecoklata,biarkan dingin terlebih dahulu balu tusuk dengan tusuk sate dan beri buttercream dan ceres

Donut on stick

ingredients
250 gr flour
2 tbsp caster sugar
1/4 tsp salt
1/2 tsp baking powder
90 ml milk
30 gr butter
1 egg yolk

Yeast mixture
60 ml water
Pinch of sugar
1 tsp yeast
(Mix all in a small bowl, let it sit a few minutes until it make some foam)

How to make:
- mix all dry ingredients in one big and clean bowl then put in wet ingredients and yeast mixture
- knead until the dough is smooth and let it proof until double about 1 to 1.5 hours
- flatten the dough and divide into 40gr each and make it to drumstick shape
- let the dough proof to double size
- fry in the medium heat oil until golden brown. Let it cool and spread with some buttercream and chocolate rice

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih bagi yang sudah mampir di blog saya. Silahkan tinggalkan komen. I will really appreciate it.