Monday, August 21, 2017

Lapis Surabaya


Setelah sekian lama ingin mencoba membuat cake yang menggunakan banyak kuning telur, akhirnya kesampaian juga. tapi saya buat lapis malang saja dengan setengah resep 10 telur dibagi jd 2 untuk lapisan coklat dan original nya

Selai nya saya menggunakan selai strawberry.


Tekstur kuenya lembut, tidak berpori tetapi tidak berat karena saya menggunakan metode sponge cake dengan mentega di lelehkan.


Lapis Surabaya

Bahan
10 kuning telur
2 putih telur
80 gr gula pasir
55 gr tepung terigu
8 gr maizena
10 gr susu bubuk
100 gr mentega cair, pakai merk orchird
1 sdm pasta coklat (1 sdm coklat bubuk + 2 sdm air hangat, aduk rata)

Metode
1. Kocok gula dan telur sampai mengembang dan kental
2. masukkan tepung terigu, maizena dan susu bubuk yang sudah diayak dengan spatula atau mixer kecepatan paling rendah
3. masukkan mentega cair sedikit demi sedikit dan aduk balik dengan spatula sampai tercampur rata
4. Tuang ke loyang ukuran 22x22cm yang diberi sekat pembatas untuk 2 adonan dan alasi kertas di bagian bawah dan diolesi mentega kemudian panggang di oven yang sudah dipanasi terlebih dahulu di suhu 180degC, selama kurleb 30menit
5. Setelah matang keluarkan dari oven, biarkan dingin. ambil satu lembar cake olesi dengan selai dan tumpuk dengan satu cake lainnya.

ini untuk versi irit telur, saya buat lapis malang dengan variasi rasa pandan dan coklat dengan menggunakan resep lapis surabaya ekonomis ini.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih bagi yang sudah mampir di blog saya. Silahkan tinggalkan komen. I will really appreciate it.