Monday, August 21, 2017

Copycat Taiwanese Original Cake


Taiwanese original cake ini yang lagi booming di malaysia dan singapore, dan banyak jastip di batam yang menawarkan untuk dititipin beli cake ini dari singapore/malaysia.

Saya sempat coba 1 potong disharing dari teman adik saya yang beli pake jastip, kebetulan yang saya coba rasa cheese dan benar sekali tebakan saya , mirip dengan cottony cake / ogura. dan setela browsing para blogger singapore yang coba buat resep ini eh benar memang pakai teknik steambath / waterbath seperti untuk cake ogura/cottony.

Karena ukuran telur yang saya punya cukup besar, jadi saya sesuaikan resepnya menjadi, 

Copycat Taiwanese Original Cake

Sumber : mayck-law
Bahan
4 yolk ( ditimbang 72g dengan kulit) / 5 yolk (each 65 gr)
70 gr cake flour / 75 gr
80 ml susu / 90 ml
45 ml minyak sayur / 50 gr
1/4 sdt garam

4 putih telur / 5 whites
65 gr gula halus / 65 gr

6 slice cheddar cheese

Cara Membuat :
1. Kocok kuning telur, garam dan setengah bagian gula dengan menggunakan whisk sampai rata, kemudian masukkan susu dan minyak sayur. aduk sampai rata.
< panaskan minyak kemudian masukkan tepung dan aduk sampai rata, baru masukkan kuning telur dan susu>
2. Masukkan ayakan tepung, whisk sampai rata
3. Kocok putih telur dan cream of tar tar dengan mixer hingga berbusa, kemudian masukkan gula pasir, kocok sampai soft peak
4. Masukkan 1/3 bagian adonan putih telur ke adonan kuning telur, whisk hingga tercampur dengan baik kemudian masukkan sisa adonan putih telur dan aduk balik dengan spatula sampai tercampur rata
5. Tuang ke loyang uk 16x16cm yang sudah dialasi kertas baking  (bawah dan sekelilingnya), tuang 1/3 bagian adonan susun cheddar cheese kemudian tuang lagi 1/3 bagian susun lagi cheddar cheese dan tuang sisa adonan. hentakkan loyang perlahan di atas meja untuk menghilangkan gelembung - gelembung udaranya.
6. panggang dengan metode steam bath selama kurleb 10 menit dengan suhu 170degC turun kan ke suhu 150 degC selama 50 menit  kemudian keluarkan air steamnya dan panggang lagi dengan suhu 150degC selama 10 menit


No comments:

Post a Comment

Terima Kasih bagi yang sudah mampir di blog saya. Silahkan tinggalkan komen. I will really appreciate it.