Tuesday, January 27, 2015

American Risoles

Di salah satu plaza dengan komplek rumah, ada satu stand yang jual risoles,epok-epok, roti goreng dan donut goreng. satu-satunya stand risoles favorit saya. kalau beli risoles ya kesana. menurut saya rasa nya pas tidak terlalu asin atau manis. kulitnya juga tipis dan garing. saya biasanya beli risoles isi kentang, dan selalu dalam keadaan hangat kadang baru siap digoreng. harga nya juga murah 2rb per potong ( kalau belum naik harga )

Dikarenakan ada yang jual risoles mudah dan enak, saya pun tidak pernah kepikir untuk buat risoles. Kemarin-kemarin saya liad ada american risoles saat blogwalking, wah sepertinya enak. jadi tergoda untuk coba buat sendiri dirumah.Resep nya saya modifikasi dari ricke-ordinary kitchen. Setelah dicoba memang enak ini american risoles yang diisi luncheon meat, sosis ayam, telur rebus, selada, keju cheddar quick melt. Savory and Yummy!


Menurut saya tantangan  dalam pembuatan risoles ini adalah kulitnya. untuk saya yang baru pertama kali belum bisa menghasilkan kulit yang tipis,elastis dan tidak mudah sobek. Bagi saya mulus tidak sobek kulinya saja sudah bersyukur sekali. Jadi kulit risoles saya agak tebal tapi gak tebal-tebal sekali kok juga gak setipis yang dijual stand favorit saya itu. hahaha


American Risoles

Serve: 10 buah
Bahan
Kulit
100 gram terigu protein tinggi
1/4 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1 butir telur
300 ml susu cair hangat
1 sdm minyak goreng
Isi
Luncheon Meat
Sosis ayam
Keju cheddar quick melt
Telur rebus
(semua dipotong memanjang)
Selada, bila suka
Mayoinase
Pelapis
Tepung panir
1 butir telur, kocok

Cara Membuat
  1. Taruh tepung terigu, garam dan merica bubuk dalam wadah, aduk rata.
  2. Buat lubang di tengah-tengah adonan, masukkan telur, aduk dengan menggunakan hand whisk. 
  3. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai adonan benar-benar mulus dan tidak ada yang bergerindil. Saring bila perlu. Masukkan minyak. Aduk rata.
  4. Panaskan wajan datar anti lengket dengan api kecil. Buat dadar tipis-tipis (sekitar 1 sendok sayur per 1 lembar). Masak sebentar hingga permukaannya tidak lengket. Angkat. Lakukan sampai habis.
  5. Ambil selembar kulit, tata bahan isi, lipat dan gulung. Lakukan sampai habis.
  6. Gulingkan ke tepung panir, celupkan ke kocokan telur, gulingkan lagi ke tepung panir. Lakukan sampai habis.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih bagi yang sudah mampir di blog saya. Silahkan tinggalkan komen. I will really appreciate it.