Friday, January 16, 2015

Kroket Nasi / Arancini

Setelah nyoba buat bitterballen kemarin, saya coba buat kroket nasi ini diisi dengan keju mozarella. Niat nya datang dari ngeliat instagram ada yang jualan kroket nasi. jadi pengen coba buat sendiri, sepertinya enak. Kemarin kebetulan ada dimsum di swiss bell hotel, pas ada menu kroket nasi jadi saya cicipi dulu rasa nya, biar tau kroket nasi itu rasanya seperti apa, nanti yang saya buat beneran kroket nasi atau bukan. 


Kroket nasi ini menurut saya rasanya mirip dengan bitterballen ayam yang saya bikin kemarin, ya kroket dan bitterballen memang satu species kali ya. hehehe.. Beda nya kroket nasi ini isinya nasi bukan tepung dan selalu saya isi dengan keju mozarella, dan dimakan hangat-hangat. harum sekali aromanya. Biasanya selalu saya buat untuk cemilan sore kalau lagi weekend. karena menurut saya walaupun buat kroket nasi gak susah, tapi butuh waktu tidak singkat juga.




Kroket Nasi

Serve: sekitar 6 kroket
Bahan
1 piring nasi
50 gr ayam cincang
1/2 butir bawang bombay, cincang halus
1 siung bawang putih, cincang halus
1 btg Daun bawang
1/2 Wortel, parut
100 ml susu
1 sdm tepung terigu
30 gr keju cheddar parut
1/2 sdt kaldu jamur/ayam
garam, gula pasir dan merica bubuk sesuai selera

keju mozzarella atau quick melt potong dadu/korek api secukupnya untuk isisan
2 sdm minyak untuk menumis

Pelapis:
1 butir telur / telur putih
42 gr tepung panir

Cara Membuat:
  1. Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu.
  2. Masukkan ayam cincang, aduk rata hingga berubah warna.
  3. Masukkan nasi, wortel dan keju cheddar parut. Aduk rata.
  4. Tuang susu dan kaldu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata kemudian bumbui dengan garam, gula pasir dan merica.
  5. Masak hingga kaldu meresap.
  6. Angkat dan dinginkan sebentar
  7. Pulung adonan, pipihkan dan beri isian keju mozzarella kemudian bulatkan / bulat lonjong. Lakukan hingga habis.
  8. Gulingkan bola nasi ke tepung terigu, kemudian celupkan ke kocokan telur kemudian gulingkan ke tepung panir. Lakukan hingga habis.
  9. Masukkan ke dalam kulkas selama kurang lebih 20menit agar panir menempel.
  10. Panaskan minyak, goreng bola nasi hingga keemasan.Usahakan gunakan minyak baru dan jumlah yang banyak agar bisa menutupi semua kroket (deep frying) agar hasil gorengannya merata dan kelihatan bagus.
  11. Sajikan dengan saus sambal dan mayones.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih bagi yang sudah mampir di blog saya. Silahkan tinggalkan komen. I will really appreciate it.